Oleh: Bareph Yadie Kasalo | 3 Juli 2010

BURUNG CUCAK HIJAU / BURUNG CUCAK IJO / MURAI DAUN


Tips Dan Panduan


Pemilihan Bakalan (Bahan), Perawatan Harian, Perawatan Pra Lomba, Perawatan Pasca Lomba dan Perawatan Mabung untuk Burung Cucak Hijau / Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Hijau / Burung Cucak Ijo adalah salah satu burung yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bintangnya semakin gemilang, terbukti di lomba-lomba burung berkicau di beberapa daerah, kelas yang dibuka untuk burung ini selalu penuh. Bahkan sudah sangat banyak transfer gacoan Cucak Hijau dengan nilai sangat fantastis.

KARAKTER DASAR BURUNG CUCAK HIJAU

  1. Semi fighter. Burung ini bukanlah burung petarung murni, daya tarung yang ada pada burung ini cenderung akibat tingkat birahi pada level tertentu yang akan membuat burung ini menjaga daerah teritorialnya.
  2. Takut gelap. Burung Cucak Hijau tidak suka gelap dan gampang panik apabila berada pada lingkungan atau suasana yang gelap. Hindari menempatkan burung ini pada tempat yang gelap, apalagi membawanya pada malam hari. Karena akan mengakibatkan burung ini akan panik, nabrak ruji kurungan, bulunya rontok dan dapat menjadi stress.
  3. Sangat cerdas, gampang menirukan tapi sangat gampang lupa. Dalam kondisi normal, burung ini dapat merekam suara isian yang ada disekitarnya dengan sangat cepat. Sangat mudah di master, tetapi apabila dalam kurun waktu tertentu tidak mendengar suara-suara master yang sudah ada, maka dengan gampang hilang dari memorinya.
  4. Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.

PEMILIHAN BAHAN BURUNG CUCAK HIJAU YANG BAIK

(CIRI-CIRI BURUNG CUCAK HIJAU YANG BAIK DARI KATURANGGAN)

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung Cucak Hijau.

  • Berkelamin jantan, ciri-ciri burung Cucak Hijau kelamin jantan dapat dilihat dari  postur tubuh yang panjang serasi, ekor lebih panjang, tulang belakang dan supit kecil  rapat, warna bulu lebih tegas, paruh berwarna gelap, warna bulu di bagian bawah leher berwarna hitam dan membentuk topeng pada wajahnya, mata besar melotot, bentuk kepala lebih besar dan bergerak lincah.
  • Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  • Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut  sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  • Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
  • Rajin bunyi, ini menandakan burung tersebut memiliki prospek yang cerah.
  • Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.

MAKANAN YANG SESUAI UNTUK BURUNG CUCAK HIJAU

  • Voer (sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%, belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Cucak Hijau. Voer diberikan sebagai pelengkap kebutuhan nutrisinya. Selalu ganti dengan Voer yang baru setiap dua hari sekali.
  • Buah Segar, burung ini sangat menyukai buah Pepaya, Pisang Kepok Putih, Apel, Pir, Tomat dan beberapa buah lainnya. Sebaiknya perbanyak pemberian buah Pepaya, karena buah Pepaya mengandung vitamin C yang tinggi sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Disamping itu, buah Pepaya sangat mudah dicerna dan sangat cocok dengan sistem metabolisme rata-rata burung pemakan buah.
  • EF (Extra Fooding), pakan tambahan yang sangat baik yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberiannya EF tersebut.

PERAWATAN DAN STELAN HARIAN BURUNG CUCAK HIJAU

Perawatan harian untuk burung Cucak Hijau relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten.

Berikut ini Pola Perawatan Harian dan Stelan Harian untuk burung Cucak Hijau:

  1. Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
  2. Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan Voer, Air Minum dan buah segar.
  3. Berikan Jangkrik 3 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah memberikan Jangkrik secara langsung pada burung.
  4. Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
  5. Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
  6. Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung dapat di Master dengan suara Master atau burung-burung Master.
  7. Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu.
  8. Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF.
  9. Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya.

PENTING

  • Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 2x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi dan hari Kamis pagi.
  • Buah Segar diberikan rutin setiap hari, dengan format: Hari Senin sampai hari Kamis berikan buah Pepaya, hari Jum’at dan hari Sabtu berikan Apel atau Pisang atau buah lainnya.
  • Pengumbaran di kandang umbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.
  • Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.
  • Berikan buah pisang yang yang telah diolesi Madu setiap hari Sabtu.

PENANGANAN APABILA BURUNG CUCAK HIJAU OVER BIRAHI

  • Pangkas porsi Jangkrik menjadi 1 pagi dan 1 sore
  • Bisa diberikan 2 ekor Ulat Bambu dalam 3 hari berturut-turut
  • Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore
  • Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari saja

PENANGANAN APABILA BURUNG CUCAK HIJAU KONDISINYA DROP

  • Tingkatkan porsi pemberian Jangkrik menjadi 5 pagi dan 5 sore
  • Tingkatkan porsi pemberian Kroto menjadi 3x seminggu
  • Mandi dibuat 2 hari sekali saja
  • Burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung Cucak Hijau lain dahulu
  • Lamanya penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari

PERAWATAN DAN STELAN BURUNG CUCAK HIJAU UNTUK LOMBA

Perawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kunci keberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung.

Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan Lomba untuk burung Cucak Hijau:

  1. H-3 sebelum lomba, Jangkrik bisa dinaikkan menjadi 10 ekor pagi dan 6 ekor sore.
  2. H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit saja.
  3. 1 Jam sebelum digantang lomba, berikan Jangkrik 3 ekor dan Ulat Hongkong 10-20 ekor.
  4. Apabila burung akan turun lomba kembali, berikan Jangkrik 1 ekor lagi.

PENTING

  • Jangan memandikan burung pada saat di lapangan, karena dapat membuat birahi burung tersebut menjadi sangat tidak stabil.
  • Berikan kesempatan pada burung untuk beradaptasi sebentar pada suasana lapangan, agar burung tidak kaget.

PERAWATAN DAN STELAN BURUNG CUCAK HIJAU PASCA LOMBA

Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.

Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan pasca Lomba untuk burung Cucak Hijau:

  1. Porsi EF dikembalikan ke Stelan Harian.
  2. Berikan Multivitamin pada air minum pada H+1 setelah Lomba.
  3. Sampai H+3 setelah Lomba, penjemuran maksimal 30 menit saja.

PERAWATAN DAN STELAN BURUNG CUCAK HIJAU MABUNG

Mabung (Moulting) atau rontok bulu merupakan siklus alamiah pada keluarga burung. Perawatan burung pada masa mabung adalah menjadi hal yang sangat penting, karena apabila perawatan yang salah pada masa ini akan membuat burung menjadi rusak. Pada masa mabung ini, metabolisme tubuh burung meningkat hampir 40% dari kondisi normal. Oleh karena itu, burung butuh asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi lebih besar dari kondisi normal. Hindari mempertemukan burung dengan burung sejenis, karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu. Dampak dari ini adalah ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.

Berikut ini Pola Perawatan masa mabung:

  1. Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
  2. Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari.
  3. Pemberian porsi EF diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan  untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: Stelan Jangkrik dibuat 5 ekor pagi dan 5 ekor sore, Kroto 1 sendok makan setiap pagi dan Ulat Hongkong 3 ekor setiap pagi.
  4. Berikan Multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu.
  5. Perbanyak pemberian buah pepaya, karena buah pepaya sangat mudah dicerna sehingga melancarkan proses metabolisme tubuh burung. Disamping itu buah Pepaya banyak mengandung banyak vitamin C yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung.
  6. Lakukan pemasteran. Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.

SUARA MASTER YANG BAIK UNTUK BURUNG CUCAK HIJAU / CUCAK IJO

Irama lagu yang dimiliki burung memegang peranan yang sangat penting di dalam penilaian lomba burung berkicau. Karena kembali kepada filosofi burung berkicau, daya tarik utama dari burung berkicau adalah kemampuan berkicaunya (irama lagu).

Memilih suara-suara master untuk burung andalan kita janganlah terfokus hanya memilih suara-suara master yang kedengarannya unik dan bagus.

Sangat banyak metode dan cara-cara yang dapat dilakukan di dalam proses pemasteran burung berkicau. Dan juga banyak sekali berkembang mitos-mitos yang keliru dalam prakteknya dilapangan. Salah satu mitos aneh yang berkembang, yaitu burung yang akan di master harus melihat burung masternya, agar burung yang di master dapat menirukan gaya bunyi dan cara membuka mulut burung master tersebut. Mitos lainnya yaitu proses pemasteran burung berkicau harus menunggu burung dalam keadaan ganti bulu atau mabung.
Sebenarnya; Pemasteran dapat kita lakukan tidak harus menunggu burung berkicau dalam keadaan mabung atau berganti bulu. Burung berkicau dalam keadaan normal, bahkan dalam keadaan top form pun juga dapat dilakukan pemasteran. Ada Mitos yang mengatakan pemasteran burung harus menunggu masa burung mabung.

Alasannya karena; Pada saat mabung, burung berkicau cenderung untuk banyak diam dan sangat jarang sekali berkicau. Burung yang banyak diam pada masa mabung tersebut, cenderung untuk lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyimak dan mengolah suara-suara yang ada disekelilingnya. Apabila suara yang didengarnya sesuai dengan tipikal karakter suaranya, maka akan direkam dan ditirukan.

Kunci keberhasilan dalam memaster burung (pemasteran burung berkicau) adalah memaster burung dengan suara-suara master (burung master) yang cocok dan sesuai dengan karakter dasar lagu burung yang akan di master (burung maskot).

sumber: http://www.smartmastering.com

Brosur-pengeboran

About these ads

Responses

  1. Artikel ini sangat berguna sekali buat hobies yang serius terhadap burung kesayangannya.. Thanks !!!!

  2. om, kemarin saya beli burung cucak hijau dari pasar burung di jogja, dibagian wajah dan leher ada warna hitam menyerupai topeng pada cucak hijau jantan, tetapi di lingkar luar matanya berwarna kuning kecil, kata teman saya itu CI betina yang disemir apa betul seperti itu..? sampai saya tidak bisa membedakan itu warna hitam bulu asli atau bukan.. mohon di berikan informasi bagaimana ciri CI jantan dan betina selain dilihat dari warna hitam pada wajah… trus apakah CI betina bisa berkicau…? dan berapa kira2 harga pasaran CI bakalan jantan dan betina.. terimakasih sebelumnya…

    • Bagi orang yang sudah lama bermain burung, sekali lirik saja dia bisa menentukan itu burung jantan atau betina. kok bisa yah? tentu saja bisa. karena ia sudah biasa mengenal tampilan burung jantan dan betina. Jelas bagi pemula sulit mengenal jantan dan betina dari tampilan. Tapi jangan khawatir om Agung. ada cara lain mengenal CI (ato pada umumnya burung) jantan atau betina. Kalo Om Agung ragu dg CI yg baru saja dibeli, Coba burung jemur sebentar dan kasih kroto. lalu dekatkan burung CI lain (bisa punya temen ato tetanga) yg sudah jelas jantan. lalu perhatikan, kalo CI punya om Agung tingkah-lakunya cenderung ada perlawanan berarti jantan. Tapi kalo dia seperti malu2 layaknya gadis kalo didekati pemuda ganteng dan dia mengepak2an sayap sambil membuka2 paruhnya seakan dia berusaha menarik perhatian lawan berarti ia betina.
      CI betina juga berkicau. tapi tidak sekeras dan senyaring jantan. frekwensi kicauannya pun tidak sesering jantan.
      Kalo soal harga CI bakalan, sangat relatif di masing2 daerah maupun pasar burung.
      Demikian om Agung, semoga dapat membantu. Mohon maaf barang kali ada kekurangan.
      Salam…..

    • CI Jantan Paruh bagian atasnya lebih panjang dari bagian bawah dan CI Betina panjang paruh bagian atas dan bagian bawah, sama panjangnya

  3. Saya bru beli CI bakalan,tdak ad bulu htam.. Bdn bsar,pnjang n berekor pnjng,alis mata kuning,tp paruh bgian bwah berwrna abu2.. Apakah CI saya betina?

    • kalo CI masih anakan emang belum terlihat topeng hitam di mukanya. kalo CI yg om kaka beli itu sudah dewasa, dan melihat tanda2nya sih kayaknya betina.
      maaf kalo salah ……

  4. saya mau nanyak om,burung murai daun kepala kuning saya klo porsi jangkrik nya sehari berapa ya ..?

    dan saya mau nanyak harga burung kenari berapaan.?

    “terima kasih”

    balas ya..

    • burung ini biasanya lebih suka buah, tapi untuk tambahan nutrisi jika dia mau kasih aja pagi cukup tiga ekor jangkrik dan sore dua ekor.
      harga kenari itu tergantung jenis dan kwalitasnya mas.

      • om,saya masih remaja saya punya burung peliharaan murai daun kepala kuning
        kalau tanda-tanda burung peliharaan yang sehat kek mana om …?

        dan kalau buat suara burung peliharaan saya tambah merdu suaranya kek mana om,tips nya….?

        “terima kasih”

        balas ya…..

  5. om, cara supaya kicauan burung murai daun bagus gimana sih tips nya ..?

    • yang jelas dirawat yang teratur, master dengan suara2 burung lain yg om benny suka, jika itu burung punya potensi sebagai burung yang bersuara bagus maka ia akan keluar sebagai sebagai burung yang bagus.
      ada dua faktor yang menentukan bagus tidaknya burung, faktor perawatan dan faktor genetika. dan kalau kita beli burung di pasar atau tukan burung keliling, secara genetika kita gak tau burung yang sedang kita rawat itu keturunan dari kalangan burung apa? apa dari kalangan bangsawan atau rakyat jelatah? hehe… kira2 begitu om,

  6. om harga kacer yang uda jadi harga pastinya berapa …?
    kenari harga pastinya berapa ….?
    love bird harga pastinya berapa …?
    burung pendet harga pastinya berapa …?
    murai batu …..harganya..?

    jwb ya om saya soalnya binggung mau belik burung apa …

    terima kasih

    • hehehe….
      Om Andre, kenapa om? hehe….
      burung itu seperti barang seni. kita beli burung bukan karena ingin dagingnya, tapi kita ingin keindahannya, baik indah suara maupun bulunya. jadi tidak ada harga pasti Om, bahkan burung pendet A dan burung pendet B misalnya, bisa beda harganya meski sama2 dewasa an sama2 bunyi. jadi biar gak bingung, tanyalah harga pasaran di manaa om Andre tinggal sama temen2, lalu lihatlah burung yang akan kita beli lalu perhatikan suara , penampilan, kesehatannya dll. kalau udah bener2 kita suka, tawar tuh burung sesuai dengan kemampuan kantong kita.
      mudah2 om Andre tidak bingung lagi….

  7. om.saya punya burung murai daun kepala kuning,tapi dia klo ada saya didekatnya pasti dia bunyi.mintak jangkrik pasti dia turunn kebawah apa itu udah jinak om

    tapi klo saya dekat ama dia di memberontak om….

    kek mana buat dia cepat jinak om kasih Tips nya…….
    soal nya saya berumur 14 tahun saya suka sekali memelihara burung kicauan

    balas ea om

    terima kasih..

  8. om…saya mau nanya saya punya bakal cucak ijo yg saya pelihara udah skitar 1 bulan nd cucak ijonya tangkapn hutan….sdh jinak tp blm berbunyi betul dan hanya sekali2 berbunyi itupun ngeriwik aja…..dan berak lendir yg berwarna putih bening…apakah burung yg saya pelihara dalam keadaan sakit…..tp saya tidak mmpermasalahkan bunyi ataw tidaknya karna saya paham ijo nya masih bkalan…..yg saya khawatir tentang berakx……sakitkah atw mabungkah…..tlong masukanx om….aya pelihara udah skitar 1 bulan nd cucak ijonya tangkapn hutan….sdh jinak tp blm berbunyi betul dan hanya sekali2 berbunyi itupun ngeriwik aja…..dan berak lendir yg berwarna putih bening…apakah burung yg saya pelihara dalam keadaan sakit…..tp saya tidak mmpermasalahkan bunyi ataw tidaknya karna saya paham ijo nya masih bkalan…..yg saya khawatir tentang berakx……sakitkah atw mabungkah…..tlong masukanx om….

  9. om,saya uda sering master ,kan burung saya dengan suara master yang mantap,tapi kapan dia bisa meniru,kan ya..,.,.,.,.,…..,..,?,
    ,
    saya punya murai daun dahi emas

    *BALAS YANG CEPAT YA**** (terima kasih)

    @_**

  10. jangan memberikan secara langsung “jangkrik” maksudnya apa ya Gan?

    • mksdnya jangkriknya dimakan dr tangan kita (seperti disuapin gitu klu manusia). buang aj ke sangkar/burung dia akan tangkap dgn sendirinya thanks.

  11. suara burung master yg cocok utk CI itu apa ya gan…
    matur nuwun.

  12. om,tangkringan burung tu cocok pakai batang pohon apa om …?

    balas ya om karna saya perlu kali ne …?

    klo gak sms ke no hp saya …..( 085265889745)

    balas yang cepat ya om ,,,,saya tunggu <<<<<

    • sorry om, baru bals neh abis baru ketemu password ini blog. maklum pelupa, hehe…..
      untuk tangkringan burung orang biasanya pake batang kayu asem. besar diameternya disesuaikan burung yg kita piara. kalo burungnya berkategori burung kecil kaya kenari, kacer, anis, cucak dll diameternya cukup -/+ 1,5 cm.
      demikian barangkali bermanfaat.
      terima kasih

  13. om mo numpang tny,sy beli CI bakalan dg ciri2 alis wrn kuning, ada trotol2 htm dileher trs paruh diujung wrn htm tp sebagian brwrna putih,apakah itu cucak ijo jantan ato betina?

  14. om mau tanya kemaren aku beli bakalan cucak ijo ibulu di lingkar mata kuning begitu juga di leher beberapa bulan dirumah ada beberapa bulu yang jatuh terutama di leher tapi kok tumbuhnya kuning lagi ya om,,,,ter makasih…..

  15. mau nanya mas,sy beli cucak ijo sebulan yng lalu,sampai sekarang blm bunyi juga kenapa ya?
    cucak ijo jawa timur,warnanya hijau muda,biar jinak caranya gimna mas?
    mtr nwn

    • sebulan belum juga bunyi, hmmm… kenapa yah? hehe…, kondisinya gimana saya kurang tahu nih. Yang jelas burung yang Mas Teguh beli jantan yah. melihat pertanyaan yg kedua kelihatannya burung masih belum jinak dalam arti masih liar. Ini burung keliatannya burung dewasa hasil tangkapan. makannya agak lama beradaptasi dengan lingkungan barunya. kemungkinan sebentar lagi jika udah terbiasa melihat orang burung tiak lagi giras jika dikatin orang. jika udah tenang burung ini pasti bunyi Mas. sabar dulu mas Teguh, rawat yang baik dan kasih makan buah pisang kepok dan keroto tiap pagi dan sore.

  16. om aq pnya CI bklan,lngkar mta kning, trus pruh bgian bwah htam am ptih on, CI aq co ap ce om, mhon pnjlsannya om………….matur nuwun

  17. soal y q uda lm plhra lm plhra tpi kok msih blum kluar totol htam di bwah pruhny….. kra2 umur brpa CI bru kluar topeng y om……….. mksih

  18. om bagi pengalaman kalo CI di sumatera sukanya makan gareng (Tonggeret org sunda) yg warna hijau cma crinya udh sulit. mks tmn

  19. om sy punya MD 2 ekor,berleher kuning,sy pelihara sekitar 2bln,tapi blm nampak ciri ciri jantan nya secara pasti,hanya linkaran mata mulai ada bintik2 hitam,kanan dan kiri leher atas di ujung paruh belakang, berubah warna jd biru dan hijau kehitaman,kira kira jantan atau betina ya om,,tambahan nya suara kicuan nya kuat dan setiap hari berkicau sp lama sekali,,,kira2 MD sy jantan atau betina ya om? krn perubahan warna di leher blm jelas sp sekarang,,,tlg masukan nya ya om,,,thanks.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: