Oleh: Bareph Yadie Kasalo | 20 Juli 2010

BURUNG KACER (KACER POCI/KOCI – KACER HITAM)


SORRY Bro..!  jika Mas bro terganggu dengan brosur iklan di bawah ini, langsung aja ke artikel BURUNG KACER (KACER POCI/KOCI – KACER HITAM) di bawah gambar iklan pompa ini

Brosur-pengeboran

BURUNG KACER (KACER POCI/KOCI – KACER HITAM)

Burung kacer (Magpie Robin)


TIPS PANDUAN BURUNG KACER (MAGPIE ROBIN)


Pemilihan Bakalan (Bahan), Perawatan Harian, Perawatan Pra Lomba, Perawatan Pasca Lomba dan Perawatan Mabung untuk Burung Kacer (Magpie Robin)


Berdasarkan Riset SMART MASTERING – WWW.SMARTMASTERING.COM


Burung Kacer merupakan salah satu burung petarung yang memiliki gaya paling eksotis, disamping suaranya yang sangat memukau. Merawat burung Kacer sangat mudah dan menyenangkan.

KARAKTER DASAR BURUNG KACER

  1. Mudah beradaptasi, burung ini sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.
  2. Petarung yang gampang naik darah. Apabila mendengar suara burung lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar.
  3. Birahi yang cenderung mudah naik. Burung ini sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Stelan EF (Extra Fooding) yang over, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Kacer betina, dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.
  4. Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.
  5. Kuda Laut-Mbagong-Mbedesi. Setiap burung Kacer memiliki karakter ini, karena ini merupakan karakter dasar dari burung Kacer. Ada beberapa sebab yang membuat burung Kacer mbedesi atau mbagong, yaitu: terlalu birahi, tidak kondisi (mau mabung atau sedang mabung), jatuh mental dan kurang birahi.

PEMILIHAN BAHAN BURUNG KACER YANG BAIK

(CIRI-CIRI BURUNG KACER YANG BAIK DARI KATURANGGAN)

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung Kacer

  • Berkelamin jantan, ciri-ciri burung Kacer jantan dapat dilihat warna bulu hitam yang tegas mengkilap dan kontras.
  • Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  • Kepala berbentuk kotak, mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
  • Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut  sehat. Pilihlah Kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  • Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
  • Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.

MAKANAN YANG SESUAI UNTUK BURUNG KACER

  • Voer (sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%, belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Kacer. Voer harus selalu tersedia didalam cepuknya. Selalu ganti dengan Voer yang baru setiap dua hari sekali.
  • EF (Extra Fooding), pakan tambahan yang sangat baik buat burung Kacer  yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberiannya EF tersebut.

PERAWATAN DAN STELAN HARIAN BURUNG KACER

Perawatan harian untuk burung Kacer relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten.

Berikut ini Pola Perawatan Harian dan Stelan Harian untuk burung Kacer:

  1. Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
  2. Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan Voer dan Air Minum.
  3. Berikan Jangkrik 3 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah memberikan Jangkrik secara langsung pada burung.
  4. Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
  5. Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
  6. Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung dapat di Master dengan suara Master atau burung-burung Master.
  7. Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu.
  8. Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF.
  9. Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya.

PENTING

  • Kroto segar diberikan 1 sendok makan maksimal 4x seminggu.
  • Pemberian Cacing diberikan 1 ekor 2x seminggu.
  • Pengumbaran di kandang umbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.
  • Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.

PENANGANAN APABILA BURUNG KACER OVER BIRAHI

  • Pangkas porsi Jangkrik menjadi 2 pagi dan 2 sore
  • Lakukan pengembunan (jam 05.30-06.00)
  • Berikan Cacing 2 ekor 2x seminggu
  • Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore
  • Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari saja
  • Waktu pengumbaran dibuat lebih sering dan lebih lama

PENANGANAN APABILA BURUNG KACER KONDISINYA DROP

  • Tingkatkan porsi pemberian Jangkrik menjadi 5 pagi dan 5 sore
  • Tingkatkan porsi pemberian Kroto menjadi setiap hari
  • Berikan Kelabang 2 ekor seminggu sekali
  • Mandi dibuat 2 hari sekali saja
  • Burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung Kacer lain dahulu
  • Lamanya penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari

PENANGANAN APABILA BURUNG KACER MBAGONG

  • Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore
  • Lakukan mandi malam. Minimal seminggu sekali.
  • Mandi pasir sewaktu penjemuran dengan menyediakan bak khusus berisi pasir bersih yang sudah diayak. Lakukan minimal seminggu sekali.
  • Stelan EF perlu di atur ulang menjadi setengah dari porsi awal.
  • Bisa diberikan Ulat Bambu 2 ekor seminggu sekali

PERAWATAN DAN STELAN BURUNG KACER UNTUK LOMBA

Perawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kunci keberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung.

Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan Lomba untuk burung Kacer:

  1. H-3 sebelum lomba, Jangkrik bisa dinaikkan menjadi 5 ekor pagi dan 5 ekor sore.
  2. H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit saja.
  3. 1 Jam sebelum di gantang lomba, burung di mandikan dan berikan Jangkrik 3-5 ekor dan Ulat Hongkong 6-15 ekor.
  4. Apabila burung akan turun lomba kembali, berikan Jangkrik 2 ekor lagi.

PENTING

  • Sebaiknya, mulai H-6 burung diisolasi. Jangan sampai melihat dan mendengar suara burung Kacer lain.
  • Lakukan mandi malam (jam 19.00-20.00) pada H-1.

PERAWATAN DAN STELAN BURUNG KACER PASCA LOMBA

Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.

Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan pasca Lomba untuk burung Kacer:

  1. Porsi EF dikembalikan ke Stelan Harian.
  2. Berikan Multivitamin pada air minum pada H+1 setelah Lomba.
  3. Sampai H+3 setelah Lomba, penjemuran maksimal 30 menit saja.

PERAWATAN DAN STELAN BURUNG KACER MABUNG

Mabung (Moulting) atau rontok bulu merupakan siklus alamiah pada keluarga burung. Perawatan burung pada masa mabung adalah menjadi hal yang sangat penting, karena apabila perawatan yang salah pada masa ini akan membuat burung menjadi rusak. Pada masa mabung ini, metabolisme tubuh burung meningkat hampir 40% dari kondisi normal. Oleh karena itu, burung butuh asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi lebih besar dari kondisi normal. Hindari mempertemukan burung dengan burung sejenis, karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu. Dampak dari ini adalah ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.

Berikut ini Pola Perawatan masa mabung:

  1. Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
  2. Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari.
  3. Pemberian porsi EF diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan  untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: Stelan Jangkrik dibuat 5 ekor pagi dan 5 ekor sore, Kroto 1 sendok makan setiap pagi, Cacing 2 ekor 3x seminggu dan Ulat Hongkong 3 ekor setiap pagi.
  4. Berikan Multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu.
  5. Lakukan pemasteran. Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.

SUARA MASTER YANG BAIK UNTUK BURUNG KACER (MAGPIE ROBIN)

Irama lagu yang dimiliki burung memegang peranan yang sangat penting di dalam penilaian lomba burung berkicau. Karena kembali kepada filosofi burung berkicau, daya tarik utama dari burung berkicau adalah kemampuan berkicaunya (irama lagu).

Memilih suara-suara master untuk burung andalan kita janganlah terfokus hanya memilih suara-suara master yang kedengarannya unik dan bagus.

Sangat banyak metode dan cara-cara yang dapat dilakukan di dalam proses pemasteran burung berkicau. Dan juga banyak sekali berkembang mitos-mitos yang keliru dalam prakteknya dilapangan. Salah satu mitos aneh yang berkembang, yaitu burung yang akan di master harus melihat burung masternya, agar burung yang di master dapat menirukan gaya bunyi dan cara membuka mulut burung master tersebut. Mitos lainnya yaitu proses pemasteran burung berkicau harus menunggu burung dalam keadaan ganti bulu atau mabung.
Sebenarnya; Pemasteran dapat kita lakukan tidak harus menunggu burung berkicau dalam keadaan mabung atau berganti bulu. Burung berkicau dalam keadaan normal, bahkan dalam keadaan top form pun juga dapat dilakukan pemasteran. Ada Mitos yang mengatakan pemasteran burung harus menunggu masa burung mabung.

Alasannya karena; Pada saat mabung, burung berkicau cenderung untuk banyak diam dan sangat jarang sekali berkicau. Burung yang banyak diam pada masa mabung tersebut, cenderung untuk lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyimak dan mengolah suara-suara yang ada disekelilingnya. Apabila suara yang didengarnya sesuai dengan tipikal karakter suaranya, maka akan direkam dan ditirukan.

Kunci keberhasilan dalam memaster burung (pemasteran burung berkicau) adalah memaster burung dengan suara-suara master (burung master) yang cocok dan sesuai dengan karakter dasar lagu burung yang akan di master (burung maskot).

http://www.smartmastering.com

About these ads

Responses

  1. Mohon informasinya,sy punya kacer bakalan(warna hitam di dada sdh full hitam,tggl di bagian leher masih trotol),ekor br tumbuh sedikit,karakter liar(takut lihat orang),sdh terdengar mau bunyi sekali2. Gimana cara perawatannya,food & ekstra food serta vitamin apa yg baik bagi brg sy tsb. Terimakasih banyak atas infonya, salam sehat & sejahtra slalu..

    • Om Hendra, burung bakalan rata2 liar. jadi untuk sementara dikrodong dulu agar ia mau beradaptasi dengan lingkungan barunya. Kalau sudah mulai tenang dalam kandang, coba digantung tanpa krodong di tempat yg biasa orang lewat (di depan rumah) jangan di pinggir jalan yah, entar raib disikat orang hehehe….
      Kalo belum mau makan voor, kasih kroto diaduk sama voor malau (voor halus) kasih air dikit biar voor nempel sama kroto agar voor bisa kemakan bersama kroto. EF kasih jangkrik 2-5 ekor pagi dan sore.
      untuk suplemen saya biasa pake super kicau. untuk perawatan bisa lihat seperti artikel di atas.
      semoga bermanfaat, salam sehat dan sukses buat om Hendra.

  2. Sangat bagus & merasa senang ada artikel / informasi maupun sgala isi di agenda ini. Trimakasih, salam sehat & sejahtra slalu.

  3. om-om, pengalaman saya kalo belum ngevoer sebaiknya jangan diberi jangkrik. soalnya, dua kali kacer sy ko’id gara-gara diberi jangkrik. Om, biasakan aja dulu kroto cmpur voernya truz ampe kotorannya warna hijau/kuning sesuai warna voer yg dipakai. salam kicau mania om:-)

    • terima kasih om Rabdi atas infonya, semoga pengalaman om Rabdi bisa diambil pelajaran buat yg laen.

  4. om, mau nanya klo koci di beri jangkrik pagi 5 sore 5 trus krotonya 4 x seminggu gmn ? apa pola seperti itu baik untuk si koci,,, mohon infonya
    (koci sy msh trotol, bulu dada belum penuh, ekor sudah agak panjang, koci agak liar dan udah makan voer )
    terima kasih banyak atas infonya,,,,

    • om dodi, menurut saya kalau burung dalam keadaan normal, artinya tidak sakit, pola seperti itu sudah cukup untuk menjaga stamina dan untuk pertumbuhan. Akan lebih baik jika tiap hari tersedia kroto walau sesendok teh.
      jika burung untuk lomba sebaiknya jangan terlalu jinak kepada majikan, karena dihawatirkan dia gak mau bunyi jika lihat majikannya.
      demikan menurut saya. jika ada yg kurang mohon para kacer mania untuk menambahi.

  5. mohon di bimbing…. saya punya kacer poci sering birahi kalo ketemu sama poci yg lain. saya sdh coba artikel di atas tp saya belum berhasil. mohon informasinya n terima kasih. salam kicau mania

    • coba kurangi porsi kroto dari biasanya.

    • kalo kacer terlalu birahi coba dikurangi jangkrik ama krotox. Hal itu saya lakukan pd kacer yg saya miliki. Asalx dulu jangkrik 5/5, kroto 2x seminggu. Sekarang stelannya jangkrik 3/3 + ulat bumbung 2 ekor tiap pagi bila harix cerah, karena ulat bumbung sifatx dingin. Kroto saya berikan bila mau lomba saja sebanyak ujung kelingking karena ini perlu untuk membuka ekor. Oh ya cirix birahi yaitu nabrak2 sangkar kalo ketemu kacer lainnya ato kalo di lapangan cuma nungging2 bahkan yg lebih parah lagi ya mbagong. Oke slamat mencoba treadment dari saya, semoga berhasil. Jangan lupa diperhatikan mandi jemurnya karena hal ini juga mempengaruhi birahi.

      • pengalaman Om Sugeng boleh juga tuh dicoba. Terima kasih Om Sugeng.
        silahkan kalo rekan2 punya pengalaman lain yang pernah rekan coba dan berhasil.

  6. melihara burung kcer amt lah menyenag kahn dan rumah jadi ngak sep

    • betul sekali mas razu, semoga mas razu senang dengan kacernya. asal dirawat yang rajin dan jaga jangan sampe stresss tuh burung rajin bunyi mas.

  7. untuk menguji mental kacer (poci) pernah saya lakukan dgn mendekatkan kandang burung kacer dengan burung yg ganas,… yg saya lakukan mendekatkan dengan burung pentet/cendet yg sudh gacor…. pada saat ditemukan dgn burung kacer maka burung yg terbiasa dengna burung yg ganas mentalnya akan kuat… ini pernah saya buktikan.

    • rupanya ini tips yang boleh di coba. Tapi hati2 pada kacer yg karakternya mentalnya agak lemah. jika kacer didekatkan dengan burung lain yg lebih ganas lihat perilakunya jika dia takut maka segera jauhkan. dan boleh dicoba lain waktu sedikit demi sedikit sampai ia terlihat berani dan mentalnya bertambahkuat.

  8. Salam kenal om
    Saya ryan.saya baru mulai mencoba dunia perburungan. Saya punya burung kacer dada putih,awal beli sering bunyi tp klo liat orang ga mau bunyi.tapi akhir2 ini malah jd diem mulu kerjaan nya. Solusi apa yg cocok yaa.? Trimakasih. Salam kicau.

    • maaf nih mas ryan, coba lihat, apa nafsu makannya berkurang? kalo ya, mungkin ia agak sedikit stress, coba dikrodong tiga sampai empat hari dan dibuka saat ngasih makan aja.
      semoga burung mas ryan berkicau kembali.
      salam kicau juga

  9. mohon informasinya om…
    saya punya kacer priangan kalo di dekatkan dengan kacer yang lain suka ngebalon, kenapa ya

    • sudah jadi kebiasaan kacer mas. kalo dia kalah mental biasanya mbagong ato orang bilang ngebalon. coba dijaga vitalitasnya dengan asupan pakan yang bagus, penjemuran yang cukup, dan bisa juga diterapi dg mandi pasir, ato di masukin di kandang umbaran biar dia berolah raga.

    • kalo memang tuh burung sdah distel masih ngebalon blum tentu kacer tsb nggak baik, karena banyak kacer juara kalo mau naik gantangan harus ditrek dulu di bawah ama kacer lainx. Dg kata lain ngebalonx dihabiskan ato dipuaskan di bawah, setelah burung mulai mbuka ekor dan ngeluarin isian baru digantang di arena dg catatan jika bawa ke gantangan jangan dikerudung lagi dan bawa di atas kepala. Sebetulnya masih banyak menyiasati supaya kacer kesayangan kita tidak membalon diantaranya tentu stelan EF dan mandi jemurnya dan hal ini perlu kecermatan dan kesabaran yg besar, yg penting jika kita pelihara kacer tujuannya untuk menghilangkan stres jangan menambah stres. Salam satu jiwa dan salam kicau mania

  10. Salam kenal,saya baru menyukai memelihara burung kacer,mohon petunjuknya

    • sering2 aja perhatiin tuh burung, kalo ada masalah jangan sungkan2 tanya ama temen ato tetangga yg sama2 punya kacer sambil bandingin sama kacer yg unggul.

  11. om klo ciri burung kacer cewe an seprti apa sih

    • mengenal jenis kelamin kacer yg sudah dewasa itu mudah sekali. yg jantan warna hitamnya lebih tajam, sedang yg betina agak kelabu

  12. om,, untuk membiasakan burung kacer mau makan voer apa butuh waktu yang lama???

    • kurang lebih seminggu aja udah bisa kok Om one, untuk latihan makan voor, kasih dulu voor lembut (malau) dicampur / diaduk rata sama kroto, voor malau kasih air dikit biar kroto melekat sama voor. biar voor ikut kemakan. kalo udah, coba lihat voornya ikut habis kemakan apa gak, nah kalo udah boleh coba kasih makan voor kasar, seminggu aja si kacer mau tuh makan voor. kalo uda

  13. salam KM
    om saya andi dari palangkaraya
    saya punya kacer ireng ( hitam polos) masalahnya gini, knp ya kacer saya kalo dirumah senyap dan sama sekali ga mau bunyi. tapi kalo pas mau di latberkan. swer dari awal sampai akhir kira2 1,2 jam kerjanya mantab, ngeroll terus ga putus2. tuch sayap ama ekor ngebuka terus. yg saya tanykan : apakah memang karakter kacer saya kurang siip. soalnya diam aja kayak batu kalo dirumah sama sekali ga pernah mau bunyi. terima kasih salam KM

    • kacer mas andi sepertinya bermental bagus tuh.
      coba kalo di rumah taroh di tempat yang rame orang, kaya di halaman depan rumah. biar gak kesepian. abis kalo kesepian kayaknya gak mau bunyi kan?

  14. saya mau tanya gan,saya pnya kacer tp kok gak mau makan voer,gmn ya cara agar mau makan voer kacer saya?makasih smuax gan&mohon bantuanx…salam kicau mania

    • @inung, caranya mudah gan, untuk pertama kali berilah voor halus (malao) yang dicampur dengan kroto (diaduk rata), lalu liat hari berikutnya apa voor malau masih ada (gak abis)? kalo masih, ulangi terus sampai voor halus itu termakan. jika sudah mau makan voor halus, lalu dicoba voor halus dicampur voor kasar, di sini jangan lupa campur kroto dikit hal ini dihawatirkan kalo kacer gak mau makan voor jadi ada cadangan kroto. begitu terus sampai kacer mau makan voor.
      begitu semoga dapat membantu.

  15. Bang nanya nih saya frie-Muara Teweh,cara bedakan jantan sama betina untuk anakan kacer nih gimana ya Bang?

  16. Mau tanya Om…
    Kacer berdada putih saya klo pas latberan ekor dan sayapnya ga mau ngebyak sama sekali, Klo bunyi awal-awal ngotot tp setelah 7 menitan ada jeda berhenti
    Gmn ya solusinya?..
    terimakasih

  17. salam kenal
    *saya punya b kacer/poci sudah 1 bln lbh, sewaktu saya taruh dibak mandi nggak mau mandi,tapi harus dipanjing dengan di semprot baru mau mandi sendiri itu pun nggak lama.
    *sekalian saya punya b pentet sdh hampir 4 bln nggak mau bunyi sama sekali entah sekedar bunyi tet tet tete saja nggak mau gimana solusinya

  18. om knp kcer sy cm ngriwik sj klo d rmh,,,tp itu mlai pg smpai sre,stlan xfodx 5×5 pagi sre

  19. salm KM aq si B..q punya poci klau tarung krang ngotot/main cuma 3menit lebih parahnya kalu dekatnya gak bunyi cuma tola tolo giman solusinya?????mohon petunjuknysalm KM aq si B..q punya poci klau tarung krang ngotot/main cuma 3menit lebih parahnya kalu dekatnya gak bunyi cuma tola tolo giman solusinya?????mohon petunjukny

  20. Marhaban ya Ramadhan…..
    Om minta tips, sy punya kacer masih muda(ada trotol),
    1minggu sekali sy bawa ke bandung-tangerang, pake kardus /tempat jangkrik pake kendaraan umum. karena klo di tinggal di tangerang tdk ada yg urus, bagaimana menurut Om, soal meental ato kejiwaan si Kacer? sy takutnya stress permanen.. sebelumnya trims..

  21. mas,saya punya kacer poci.,,,lincah,uda jinak nafsu makanya baek,,,,,,,,tapi dia jarang bunyi.. kek mana supaya dia mau bunyi mas kasih TIPS NYA DONK…………….

    “balas ya”

    TERIMA KASIH

  22. slam knal om, sya hanan.. saya punya kacer tpi kalo sangkarnya hbis jatuh itu ngocehnya berkurang apa eg?

  23. salam knl om.sya kicau mania dr solo.sya mau tny burung poci saya bulu sayapny rusak.itu sbnarny mabung ato rusk.klo rusak knp menular.sya tlti jg tdk ada kutu.tapi klo mabung lma skali.pdhl sdh sya belikn multivitamin.yang semprot dan buat air mnm.sdh sktar 2bln blm pulih.mhon solusiny om.trm ksh.

  24. slam kenal om kicau….saya merawat kacer jabar trotol….masih ada totol putih coklat di dada atas…masih ngegeruji sangkar….EF hanya saya kasih jangkrik seadanya sam voer ijo topsong…yang saya mau tanyakan bermasalahkah kacer bila setiap hari ngga di kerodongin…..mandi PS setiap hari…..ngriwik kalo subuh aja…..trus buah yang tepat untuk kacer buah apa ya om..?????…mohon pencerahannya om kicauuuu….trimkasih

  25. mas mw tanyak cara ngobatin burung yang matanya sakit matanya tu yang sebelah agak putih n da titik puth kecil di matanya….katanya sih kena gigit semut merah..?

  26. mas klw burung kacer kecil suranya gmn?

  27. halo, mau tanya nih,,
    cara menjinakkan kacer gimana ya om? saya punya tapi giras banget e.. makasih

  28. salam kenal om,saya punya kacer poci baru 2 hari yang lalu,burungnya liar tp setelah saya baca internet ttg cara2 menjinakkan kacer akhirnya saya mencoba,dan ada sedikit kemajuan yaitu burung agak jinak.yang menjadi pertanyaan, kenapa burung saya tidak bunyi sama sekali,ngeriwik pun tidak.makasih jawabannya

  29. mau tanya..kejelekan dr poci yg paruhnya bengkok it ap?mksh

  30. Lam kenal om,saya mau tanya kenapa kacer saya warna bulu di dada nya setenga hitam mengkilap dan setenganya lagi bewarna abu2,itu menanda kan jantan apa betina,tlg komentar nya om?

  31. Maaf seribu maaf nih sobat pecinta burung kicau, kalo komentar2 anda sekalian tidak sempet saya jawab, karena kesibukan saya yang tidak sempat menjawab. tolong barang kali sobat yg kebetulan mampir ke blog ini bisa membantu sobat2 lain yg membutuhkan jawaban saya persilahkan…, monggo…..
    dan saya ucapkan beribu2 terima kasih kepada semuanya ….
    salam kicau, cuit….cuit…..cuit…..

  32. om mw nnya nie kacer saya ko klo bunyi buka paruh ko ga fuull ya
    jdi kaya yg ngeriwik gtu om
    gmna tuh cara ngatasinnya

  33. om…kacer saya kalau di latber lama kali panasnya, gimana stelan e.f yg bagus ya om? udah .10menit digantang baru dia bunyi dan membuka om. mohon petunjuknya om

  34. mas saya baru awalan gila burung, saya punya kacer poci.. katanya masih muda. cuma kok dadanya gak putih banget seperti kacer lainnya ya.. trus ciri ciri kacer klo masih muda kakinya medang apa masih mulus ? mohon di bantu ya… makasih

  35. YANG MAU DOWNLOAD SUARA BUAT MASTERAN BURUNG, CARI SUARA KICAUAN BURUNG, RINGTONE KICAUAN BURUNG DISINI BOSS http://masterkicauanburung.blogspot.com/

    FITUR
    – KLIK LINK, LANGSUNG DOWNLOAD
    – SUARA JERNIH
    – FILE BERSAHABAT UNTUK SEMUA JENIS HANDPHONE
    – BISA DI DOWNLOAD LEWAT HANDPHONE JENIS APA SAJA
    – SUARA BISA BY REQUEST (like fanspage)

  36. met pagi menjeleng siang om, saya mau tanya burung kacer saya
    setelah ngurak dpt 2 bulan tuch bulu2nya pada gepies/rusak
    untk merawatnya gmn and obatnya apa yg hrs d berikan…………….???
    thank’s and SALAM KICAU MANIA

  37. Selamat pagi nich om
    saya pnya burung kacer lokal sdh ada 1 tahun and sdh ngurak 2 kali
    tp nich burung cm ngeriwik2 aja g biasa lott suaranya
    tolong om bagi2 ilmunya gnm om caranya kacer saya supaya bsa gacoorrrrr
    thanks ya om……..

  38. malam gan…saya punya kacer lokal,,hanya mau ef ulat hongkong sampai saat ini…serangga lainnya gak pernah mau,paling juga kalau dikasih jangkrik cuman dibunh aja…gak mau makan….saya pengen kacer ini makan jangkrik..sudah pernah saya puasakan makan voer n ulat 2 hari(minum tetap ada)….hasilnya tetap gak mau makan jangkrik..gimana solusinya gan


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: