Oleh: Bareph Yadie Kasalo | 24 Juni 2010

ISTILAH “ F “ UNTUK KETURUNAN CANARY


ISTILAH “ F “   UNTUK  KETURUNAN CANARY

Para penghobi unggas khususnya Kenari tentunya tidak asing dengan istilah ; kenari  lokal, impor, F1, F2, F3 dan AF. Dalam tulisan ini kami akan berbagi pengalaman tentang Istillah “ F “ yang biasa kita dengar, mungkin topik tulisan  sudah ada yang menulisnya akan tetapi anggaplah tulisan ini merupakan pelengkap bagi yang memerukannya.  Dibeberapa  daerah  penafsiran Istilah “ F “  berbeda-beda, namun hal itu bukanlah merupakan patokan mutlak untuk menentukan kenari itu berkualitas.  Di Yogyakarta  istilah  istilah “ F ”  akan berbeda dengan di Surabaya, Malang,  Cirebon, Bandung, Jakarta  atau didaerah lain di Indonesia.

Teori Genetika oleh ilmuan  Gregor Johann Mendel, berpendapat  “ F ” = merupakan singkatan   dari kata Filial yang berarti  Keturunan. Dalam setiap perkawinan / persilangan  menurut  Mendel  akan  mewarisi  Hereditas  sifat induknya (parental).

Secara Hereditas (pewaris sifat dari induk kepada keturunannya) Mendel berpendapat,  sbb :

1.         Hibrid (hasil persilangan antara dua individsu dengan tanda beda)  memiliki sifat yang mirip dengan induknya dan setiap hibrid mempunyai sifat yang sama dengan hibrid yang lain dari spesies yang sama.
2.         Karakter atau sifat dari keturunan suatu hibrid selalu timbul kembali secara teratur dan inilah yang memberi petunjuk kepada Mendel bahwa tentu ada faktor-faktor tertentu yang mengambil peran dalam pemindahan sifat dari satu generasi ke generasi berikutnya  (gen).
3.         Faktor keturunan, mengikuti distribusi yang logis.

Teori ini secara langsung  dipraktek  dipenangkaran kami, tebukti benar seperti  yang didivinisikan Mendel, dalam penyilangan kami menggunakan indukan (jantan) Kenari impor Yorkshire dan Lizard,  disilangkan dengan indukan (betina) kenari Local . Penyilangan yang kami lakukan  dengan memperhatikan   aspek  ; Parental (indukan) dan Fenotipe (karakter/sifat yang dapat diamati seperti ; bentuk,  warna, suara, dll) dari bakal calon indukan, dengan hasil,  sebagai berikut   :

1.      Kenari  Yorkshire (kuning) jantan dengan betina  local (bon hijau) disilangkan turunannya di-Istilahkan “ F.1 “,   dengan gen  Dominan Hereditas  50 %  Yorkshire  ;

25 % =   warna dominan kuning  berpostur                       semi Yorkshire.
25 % =   warna dominan bon hijau berpostur                    semi Yorkshire.
50 % =   warna Campuran (hijau dan kuning) berpostur   semi Yorkshire.

2.      Jika kenari  F.1 (bon hijau) jantan dengan betina  F.1 (kuning) disilangkan  dari turunan berbeda anakannya  di-Istilahkan “ F.2 “,   dengan gen  Dominan Hereditas  25 %  Yorkshire  ;

25 %    =   warna dominan  kuning berpostur  sedang  strain  Yorkshire   hilang.
25 %    =   warna dominan bon hijau berpostur  sedang  strain  Yorkshire hilang.
25 %    =   warna campuran  berpostur  sedang  strain  Yorkshire hilang.
25 %    =   warna campuran atau bon hijau / kuning berpostur  kecil.

3.      Selanjutnya jika kenari  F.2 dengan  F.2 disilangkan  dari turunan berbeda anakannya di-Istilahkan   Kenari  “  F.3 ”.

Begitu seterusnya jika  kenari    F.3 dengan  F.3 disilangkan  keturunan di-Istilah Kenari  “  F.4 ”, dan seterusnya hingga “ F “ ( ? ). Pada tahap persilangan berjenjang ini  strain Yorkshire akan hilang dan dominant menjadi kenari  berpostur kecil / local.

“ F “ (Filial) yang berarti  Keturunan, hanyalah  Istilah yang lazim dipakai oleh kalangan penangkar / penghobi kenari bukan merupakan patokan mutlak, pengklasifikasian ini secara umum bertujuan  untuk membedakan hereditas fenotipe terbaik dari hasil persilangan guna meningkatkan kualitas fenotipe menjadi kenari unggulan yang  layak tanding dan menjadi  KENARI JUARA.

by, Drs. Bagus Hariyanto, SH
{ Matrix Canary bird }

http://bagushariyanto.wordpress.com


Responses

  1. om mau nanya andaikan Kenari F-1 dikawinkan dengan kenari lokal, F berapa jadinya..???
    terima kasih.

    • Istilah “F” ini secara kasar dapat dikatakan sebagai “keturunan”. Bila “F1” ya berarti “keturunan kesatu”, bila “F2” ya berarti “keturunan kedua”, demikian pula selanjutnya. Lalu jika ditanya F1 jantan+lokal betina atau sebaliknya lokal jantan+F1 betina hasilnya apa yah? hehehe…., ane juga bingung dengan istilah-istilah yg berlebel F. Tapi ada sebagian orang yang mengatakan hasih perkawinan F1+lokal = lokal super. untuk istilah2 seperti ini Om Kian Sing juga masih bingun dengan istilah itu. Berikut saya kutipkan perkataan beliau: ” Pada kesimpulannya, sayapun juga bingung mana yang benar, mana yang salah. Akhirnya saya tidak terfokus pada istilah, tetapi saya berfokus pada mutu keturunan. Inipun saya anggap masih menjadi misteri, keturunan atau kenari jenis apakah yang cocok dengan lomba di tanah air. Tetapi beberapa jenis kenari hasil persilangan Yorkshire dengan lokal telah membuktikan prestasinya. Apakah kita akan berhenti di sini? Saya pribadi menjawab: Tidak Akan Pernah? Beberapa bulan terakhir ini saya berpikir perlunya darah atau dapat dikatakan jenis atau dalam bahasa inggrisnya disebut dengan istilah strain.” lihat di sini

  2. om yadi saya mau tanya ?
    kalau F1 (YS x lokal) saya silangkan dengan YS lagi
    bentuk postur tubuh F1 na gmn??? pa lebih banyak YS na begitu juga dengan F2 disilangkan dengan YS ??? berarti untuk cetak “F” tu butuh waktu puluhan tahun ya ^^

    • om robby, pada umumnya hasil perkawinan itu akan tergantung dari indukannya. meski faktor perawatan juga tidak kalah pentingnya.
      yang jelas hasil persilangan YS + F1 akan lebih bagus dibanding dengan hasil persilangan YS + F2, F3, F4 dst…., baik dilihat dari posturnya maupun kwalitas suara. Dapat dikatakan keturunan pertama atau yg lebih dekat dg induk, akan mewarisi sifat induk lebih banyak dari pada keturunan berikutnya.
      Demikian om robby, semoga dapat membantu.
      Salam….

  3. iya juga ya om yadi kalau diliat dari pembagiannya
    25%, 25%, 50%… jadi enak kalau dapet pas turunan F1 50% sifat induknya,.. makasih om yadi atas infonya,. ngomong-ngomong jual kenari ga om ^^

    • sama2 om robby,
      saya belum fokus untuk komersial di dunia burung, masih dalam tarap hobby om robby. mungkin om robby sudah jadi juragan kenari neh? hehehe….
      bagi2 dong om ilmunya,
      terima kasih.

  4. Untuk istilah AF belum dibahas tuh Om. Apa yg dimaksud AF ?

    • dalam dunia silang menyilang ternak, jika F1 atau F2 dst. disilangkan dengan jenis lain maka akan menghasilkan keturunan yg disebut AF.
      misalnya F1 kenari YS + kenari lokal = kenari AF ( Anak F)

  5. om.
    klo kenari F1 betina dikawinkan dengan kenari jenis apa supaya menghasilkan anakan yang mempunyai volume keras dan panjang?

  6. dari semua hiruk-pikuk mengenai istilah F1, F2 dst dalam dunia breeding kenari, saya pribadi lbh setuju dg pendapat dlm artikel dlm blog ini krn sesuai dg literatur biologi genetika. mnt ijin copi.. thnks

  7. jelas semuanya dr istilah it,,,,,?

  8. om,mau tanya..saya punya kenari lokal jantan,jika saya silangkan dngn af kira2 jadi’a jenis apa yach om?jenis af dan loper sama atau beda om?mohon pencerahannya..maklum masih pemula..thx


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: